Sunday, 10 July 2016

Cara Mudah Menambah Kosakata Bahasa Asing


                Hallo teman-teman, semoga kalian selalu sehat walafiat dan selalu ada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Setelah kita mengetahui Cara mempercepat kemampuan berbahasa asing pada postingan sebelumnya, sekarang saya akan berbagi bagaimana cara mudah mengingat dan menambah kosakata bahasa asing kita. Perlu kalian ketahui, terutama para beginner (pemula),dalam bahasa asing kita juga perlu menambah ayat-ayat yang variatif selain ayat-ayat dasar seperti “How are you?” “Good Morning”. So, bagaimana cara kita mengetahui lebih banyak kosakata dalam berbahasa asing? Simaklah tips dari saya berikut ini.
1. Membaca lalu menulis (Read then write)


                Tips pertama yang paling mancur adalah Rajin membaca dan menulis, tetapi permasalahannya banyak orang yang masih tidak suka kedua hal tersebut. Sebaiknya ubah pola pikir kalian dari sekarang bahwa membaca dan menulis itu penting dan bahkan harus menjadi prioritas kalau bisa. Lalu, Bagaimana saya bisa menambah kosakata bahasa asing saya lewat membaca dan menulis? Caranya kalian baca dulu sekitar satu atau dua halaman, kemudian kalian pasti akan menemukan kosakata yang masih belum tahu atau lupa lagi, catatlah kosakata tersebut di buku kalian. Keesokan harinya, kalian baca dan tulis lagi kosakata yang masih sulit. Hari demi hari kalian akan terbiasa dengan kosakata tersebut dan secara tak sadar kita telah menghafal beberapa kosakata yang belum kita ketahui sebelumnya.
2. Jangan hanya menghafal satu kata


                Tips kedua, Apakah kalian hanya menghafal kata seperti “beautiful” saja? Ingat! “Beautiful” merupakan kata sifat, kita mungkin masih punya kata kerja, kata keterangan, dan kata benda. Ternyata, kata “Beautiful” bisa di rubah ke kata kerja  menjadi “Beautify”, kata keterangan “Beautifully”, kata benda “Beauty”. Biar lebih jelas lihat tabel dibawah dan kalau bisa coba oleh kalian dirumah.
Kata benda (noun)
Kata kerja (verb)
Kata sifat (adjective)
Kata keterangan (adverb)
-Beauty
-Beautify
-Beautiful
-Beautifully
-Completeness, Completion
-Complete
-Complete
-Completely
3. Teknik roots (Awalan atau Akhiran)



                Pernah mendengar Awalan atau Akhiran? Ya, Ini adalah cara sederhana dan mudah untuk menghafal kosakata bahasa asing. Kata awalan dalam Bahasa Inggris biasa disebut prefix dan kata akhiran disebut suffix. Cara-nya kita hanya perlu mencari kata yang berawalan/berakhiran sama, contoh lebih jelas dibawah ini.
Kata awalan (Prefix)
Kata akhiran (Suffix)
-Unhappy
-Eject
-Unable
-Reject
-Untruth
-Inject
-Unconsciously
-Subject
4. Perbanyaklah mendengar dalam bahasa asing


                Untuk pemula kalian bisa kunjungi situs BBC Learning English dan download-lah audio-audio yang sudah tersedia di situs web tersebut, lalu langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan hanyalah mendengarkan dialog dan melihat transcript yang sudah disediakan untuk tahap pertama, kemudian untuk tahap kedua kalian dengarkan audio dialog tersebut tanpa transcript. Hari demi hari Listening Skill kalian akan meningkat dalam memahami apa yang diucapkan penutur bahasa asing tersebut.
Sebenarnya, Banyak cara untuk melatih Listening. So, kembali ke point tujuan kita “Menambah Kosakata Bahasa Asing” kalian secara tidak sadar jika kalian pertama mendengarkan sambil melihat transcript dan kemudian mendengar tanpa transcript, otak kalian akan terbiasa dan akan dipaksa ingat dengan kata yang ada di transcript tersebut. Luar biasa bukan? Kalian bisa menerapkan-nya jika mau.
Catatan: Di BBC Learning English sebenarnya kita akan terbiasa dengan British English, Jika kalian intermediate level, saya anjurkan mengunjungi situs web TEDx untuk membiasakan aksen dari berbagai negara walaupun kebanyakan-nya aksen American English. Seperti yang telah saya post sebelumnya di Cara Mempercepat Kemampuan Berbahasa Asing kita tidak perlu khawatir soal aksen, aksen pasti dimiliki setiap orang/wilayah/negara. Jadi, selama kita memahami aksen orang tersebut, janganlah khawatir! Tetapi, jika kalian sedikit sulit dengan sebuah aksen contoh aksen orang India, berarti kalian harus membiasakan mendengarkan aksen orang India.
5. Teknik kartu


                Cara sangat sederhana dan juga sangat mudah dibawa menghafal kemana-mana. Caranya, kalian buat 3 Kartu dari jenis kertas apapun asalkan polos. Kartu pertama, kumpulan kosakata yang masih baru dan sangat penting. Kartu kedua, kumpulan kosakata yang hampir yakin, maksudnya kita hampir hafal dan terbiasa dengan kata tersebut. Kartu ketiga, kumpulan kosakata yang sudah benar-benar hafal dan diluar kepala.
Jika kalian sudah melakukan hal diatas, yang perlu kalian lakukan sekarang adalah bawalah Kartu pertama kalian kemana-pun kalian pergi, dan kartu  yang kedua tempelkan di kursi, atau dinding dll. Selanjutnya simpanlah kartu ketiga kalian di dalam wadah supaya jika sewaktu-waktu kalian lupa kosakata yang sudah kalian tahu, kalian bisa cek lagi.
6. Synonym
 

                Cara ini menurut saya yang lumayan cukup membingungkan, tetapi jika kalian suka yang ini! Boleh-boleh saja. Yang perlu kalian ketahui Synonym adalah kumpulan kata yang mempunyai arti sama dan hampir sama. Perlu kalian ketahui dan hati-hati karena tidak semua kumpulan kata yang sama dapat digunakan dalam konteks pembiacaraan yang sama, terkadang jika kita melakukan hal tersebut bagi para native speaker masih terdengar janggal walaupun masih bisa dipahami. Seperti contohnya, Large dan Big mempunyai arti yang sama tetapi digunakan dalam konteks yang berbeda, Large lebih cocok digunakan untuk situasi formal dan lebih sering digunakan dalam Writing, kata ini tidak biasa digunakan untuk menjelaskan orang terkecuali untuk menghindari kata “Gemuk” karena, kata tersebut tidak sopan untuk perempuan, barulah kita bisa mennggunakan large. Kesimpulannya, synonym juga bisa membantu kalian menambah kosakata kalian dalam bahasa asing.
7. Theme


                Ini adalah metode menghafal yang lazim digunakan di Indonesia saat ini. Cara-nya kita ambil selembar kertas polos, lalu tulis kosakata sesuai tema, misalkan tema-nya adalah “Sekolah” kosakata yang akan kalian dengar tentang sekolah seperti: Classroom, Attendance, Teacher, Subject dll. Cara ini dikenal sangat ampuh untuk memperluas kosakata kita. Ini juga salah satu kosakata yang saya terapkan dirumah.

Setelah saya post tips diatas, mungkin kalian juga mempunyai banyak cara untuk menambah kosakata bahasa asing kalian. So, tidak ada salahnya jika berbagi tips dari kalian lewat komentar dibawah. Good Luck! Semoga tips diatas bisa mempermudah kalian dalam belajar bahasa asing.

0 komentar:

Post a Comment