Tuesday, 24 May 2016

Kisah Sukses Anne Ahira Sang Internet Marketer




A. Perjuangan Bisnis Internet Anne Ahira
                Apabila anda seorang internet marketer, anda pasti pernah mendengar nama gadis tomboy kelahiran Bandung ini. Seorang anak dari keluarga biasa tapi memiliki impian besar. Dialah Anne Ahira pendiri Asian Brain. Anne bahkan mewakili Indonesia berbicara dalam konferensi APEC di Bali, di hadapan para delegasi dari 26 negara. Dan hebatnya lagi, penghasilan anak muda ini tidak tanggung-tanggung mencapai US$5.000/hari.
                Ketika kecil, Anne merasakan pahitnya hidup dalam kemiskinan, dimana dia harus menjual pisang goreng ketika bersekolah, dan bila ada sisa akan dia jajakan di sawah kepada para petani. Anne ketika menjajakan pisang sering berbaring di jerami dan menerawang ke langit seolah-olah berdiskusi dengan Tuhan. Saat itu, Anne melihat elang terbang tinggi mengelilingi dunia.
                Setiap kali Anne memiliki mimpi, dia selalu mencatatnya dalam kertas. Saat dia melamun, dia melihat dan merasakan seakan-akan telah sampai disana. Dengan kondisi ekonomi yang kurang, ibu Anne sering kali frustasi melihat tingkah anaknya, sampai suatu hari ibunya menyeret Anne ke depan cermin dan Anne disuruh berkaca bahwa impiannya itu tidak mungkin bisa tercapai. Pada kondisi seperti itu, kakek Anne berkata bahwa bila Anne  memiliki cita-cita, lebih baik dia berkata kepada ‘Yang di atas’.
                Suatu hari, tiba-tiba ibu Anne mengatakan kepada Anne bahwa bila Anne ingin berkeliling dunia, maka dia harus menguasai bahasa inggris yang baik. Kemudian Anne semakin bersemangat. Dia mulai berjualan es dan bahkan membantu ayahnya menjadi kernet untuk membayar biaya kursus bahasa Inggrisnya. Setelah lulus SMU, Anne memberikan kursus-kursus untuk orang-orang kaya dengan penghasilan 15 juta per bulan.
                Namun, Anne mencari sebuah bisnis yang bisa memberikan passive income. Kemudian dia mencoba bisnis internet marketing dan ternyata hasilnya lumayan. Di tahun 2003, penghasilan Anne sudah mencapai ratusan ribu dollar. Akan tetapi Anne masih mencari tantangan baru, maka pada pertengahan 2003 sampai akhir 2005, Anne menyusun dan menulis modul untuk membantu masyarakat Indonesia lebih mengenal Internet Marketing. Sejak saat itulah Anne Ahira mulai meningkat dan berdirilah Asian Brain yang bahkan diminati pihak asing.
B. 8 Kiat Sukses Menjadi Netpreneur Ala Anne Ahira
1.  Kecepatan
                Dengan segala percepatan perkembangan teknologi, globalisasi, dan internet, laju perubahan pun semakin cepat dari yang pernah dibayangkan. Karena itu, kita harus bisa mengantisipasinya dan sanggup bereaksi cepat, tapi juga penuh perhitungan.
2. Kemampuan Beradaptasi
                Laju perubahan  yang terjadi pada dunia internet membutuhkan bisnis yang lebih fleksibel dan  adaptif dibandingkan sebelumnya. Kita harus menambah pengetahuna dan mampu menginterpretasinya, baik dalam teknologi dan kompetisi, maupun pada pergantian pola dasar dan pembeli.
3. Eksperimen
                Seorang netpreneur harus bersedia mencoba ide-ide baru di pasar yang dibidiknya. Kita tidak memiliki banyak waktu jika hanya mengandalkan “market research” yang sudah tidak up to date untuk mengevaluasi tindakan-tindakan kita. Eksperimen dan siap bergerak cepat sangat penting untuk beradaptasi dengan apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar dari kita.
4. Inovasi yang Konstan
                Meluncurkan produk ke pasar hanyalah sebuah permulaan. Dorongan kompetisi yang tak kenal henti dan tuntutan pasar terhadap perbaikan membuat fokus bisnis pada inovasi sangat penting.
5. Kolaborasi
                Sudah menjadi sifat dari netpreneur menjadi kolaboratif. Kita tidak bisa bekerja sendiri di pergerakan dengan kecepatan seperti ini. Internet memungkinkan kita melibtkan banyak pemilik perusahaan dalam setiap langkah, mulai dari kelahiran sebuah produk melalui riset, pembangunan produk, pengemasan, pengiriman, support, dan proses perbaikan yang terus berjalan.
6. Jadilah Penggerak Distribusi
                Tantangan nyata dari dunia bisnis saat ini adalah distribusi-penyebaran merek serta identitas produk dan jasa kita. Satu hal yang paling terasa, internet memperkecil hambatan distribusi. Untuk itu, kita harus membangun merek dan saluran distribusi demi kesinambungan kesuksesan bisnis.
7. Fokus pada Pasar yang jelas
                Internet menjangkau dan mendistribusikan kesempatan bisnis pada pasar baru yang terbuka. Karena itu, netpreneur harus memfokuskan diri pada sektor pasar yang terdefinisi dengan baik-yaitu pada niche market atau pasar ceruk-agar dapat meraih posisi dominan atau menemukan pasar yang belum atau kurang terlayani. Walau kenyataannya, kesempatan yang paling menggairahkan terletak pada penciptaan pasar yang baru.
8. Jadilah Multidisipliner
                Perusahaan dalam era ekonomi baru seperti sekarang menciptakan solusi dengan mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu, seperti teknologi, content, grafis, layanan, dan hubungan. Oleh karena itu, seorang netpreneur sukses biasanya memahami berbagai disiplin ilmu. Itulah kemampuan yang harus dimiliki seorang netpreneur dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat.

0 komentar:

Post a Comment