Wednesday, 25 May 2016

10 Cara Ampuh Meningkatkan Konsentrasi



Salah satu hal yang paling diperlukan untuk sukses dalam mempelajari sesuatu dan mengerjakan pekerjaan dengan sukses adalah daya konsentrasi.  Jika kita memiliki konsentrasi kuat terhadap suatu hal, otomatis fokus untuk mengerjakan hal tersebut akan lebih tinggi.  Hasilnya, bisa diselesaikan dengan lebih cepat dan lebih baik.
 1. Buatlah aktivitas yang kita lakukan menjadi sebuah kebiasaan
     Jika kita terbiasa melakukan sesuatu secara berulang-ulang, secara rutin, dalam jangka waktu yang lama; maka akurasi kita dalam bekerja atau belajar akan menjadi lebih tinggi. Akibatnya, daya konsentrasi yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut tidak akan lagi terlalu tinggi. Hasilnya, pekerjaan tersebut tidak akan menjadi terlalu melelahkan bagi otak kita.
Seperti dalam pepatah Inggris yang mengatakan practice makes perfect. Begitu juga dengan belajar dan bekerja. Lakukan berulang-ulang, maka lama kelamaan kita akan terbiasa melakukan hal tersebut.  Hasilnya, kita akan lebih mudah berkonsetrasi dalam melakukannya.

2. Carilah suasana baru
     Daya konsentrasi bisa menurun dengan cukup parah apabila kita mengerjakan berbagai macam hal secara berulang-ulang, dalam waktu yang lama. Misalkan mengerakan pekerjaan kantor tanpa mendapat waktu liburan yang layak. Maka dari itu, perlu sekali waktu untuk mengambil cuti atau liburan di mana kita benar-benar bisa beristirahat dan melakukan hal yang kita sukai.
Sangat penting juga untuk tidak sekedar berlibur, namun mencari suasana baru untuk menyegarkan pikiran.  Kita bisa pergi ke luar kota satu dua hari, menginap di luar, makan di tempat yang benar-benar berbeda, dan melakukan berbagai aktivitas lain untuk menyegarkan pikiran. Sekembalinya kita dari liburan, dan konsentrasi dan mood bekerja kita akan berada di titik tertinggi.

3. Kembangkan pola hidup sehat
     Seperti yang sudah diungkapkan pada poin di atas, daya konsentrasi sangat erat kaitannya dengan aliran darah ke otak. Makin lancar aliran darah ke otak, makin mudah pula kita berkonsentrasi. Nah, untuk memperlancar aliran darah ini, diperlukanlah pola hidup sehat yang seimbang.
Pastikan untuk tidur cukup, olahraga teratur, dan makan makanan yang bergizi. Hal ini sangat berguna dalam jangka panjang, dan bahkan hingga usia tua. Orang yang mengembangkan pola hidup sehat biasanya terhindar dari sifat pikun dan pelupa saat ia menginjak usia lanjut. Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk menjaga gaya hidup kita tetap seimbang dan sehat. 

4. Kerjakanlah tugas di meja kerja/meja belajar, jangan di tempat tidur
     Terutama jika kita melakukan berbagai aktivitas yang menuntut konsentrasi tinggi dari rumah kita.  Cobalah untuk melakukannya di tempat yang sesuai. Jangan membiasakan diri untuk belajar di tempat tidur, karena akan lebih banyak stimulus yang membuat konsentrasi kita terpecah. Begitu pula saat membalas email bisnis atau hal-hal resmi lainnya, lakukanlah di meja kerja atau meja belajar.
Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa meja tempat kita mengerjakan berbagai hal penting memiliki kondisi yang kondusif. Cari kursi yang nyaman, namun kondusif untuk melakukan pekerjaan serius.  Perhatikan pula masalah penerangan dan sirkulasi udara. 

5. Meditasi
     Salah satu latihan ringan yang paling mudah untuk meningkatkan konsentrasi adalah dengan cara bermeditasi. Ingat, konsep utama dalam meditasi bukanlah "mengosongkan pikiran", namun "memusatkan pikiran terhadap satu hal tertentu". Jika kita bisa melakukan meditasi yang tepat dan membuatnya menjadi kebiasaan, maka kita pun akan lebih mudah berkonsentrasi.

6. Kerjakanlah satu hal pada satu waktu, hingga selesai dengan sempurna
      Jika ingin menyelesaikan sesuatu dengan hasil yang benar-benar bagus, cobalah untuk membiasakan diri mengerjakan satu hal hingga selesai dengan sempurna, baru beralih ke hal yang lainnya. Jangan membiasakan diri untuk melakukan multitasking, alias mengerjakan berbagai macam hal dalam satu waktu. Kebiasaan multitasking tersebut menuntut anda membagi konsentrasi ke berbagai hal sekaligus.
Dengan membiasakan diri fokus pada satu hal di hadapan kita, berbagai pengalih perhatian akan lebih mudah dihindari, kita akan lebih mudah berkonsentrasi, dan tentu saja, hasil akhir pekerjaan yang dilakukan pun akan lebih optimal.

7. Teknik "Laba-laba"
     Ada sebuah teknik yang disebut dengan "teknik laba-laba". Perhatikan saja saat di mana seekor laba-laba sedang membangun sarangnya. Jika kita meletakkan sebuah sumber bunyi-bunyian di samping sang laba-laba tersebut, ia sama sekali tidak akan terganggu dan memutuskan untuk meneruskan pekerjaannya membangun sarang.
Nah, inilah yang harus kita pelajari. Kita harus belajar untuk bisa mengabaikan hal-hal kecil yang bisa mengalihkan perhatian, misal pintu yang terbuka, orang yang lalu-lalang, suara musik di kejauhan, dan lain-lain.  Jangan sampai hal-hal kecil tersebut dengan mudah memecahkan konsentrasi dan fokus yang kita bangun.

8. Melakukan aktivitas yang bisa memperlancar aliran oksigen ke otak

     Darah adalah kendaraan utama oksigen dalam tubuh kita. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan berbagai aktivitas yang bisa memperlancar aliran darah, di mana hal ini bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Dalam rangka membantu mengalirkan oksigen ke otak otak, anda bisa bangun dan berjalan-jalan setiap beberapa saat, merubah posisi duduk, atau bahkan berbarin.
Jika kita terjebak di tempat kerja dan kita tidak bisa melakukan aktivitas-aktivitas di atas, cobalah melakukan gerakan-gerakan kecil di tempat kerja. Lakukan saja senam-senam yang tidak terlalu menyita tempat, terutama peregangan anggota-anggota tubuh.

9. Istirahat satu jam
     Ingatlah untuk memberikan otak kita istirahat sebentar setidaknya lima menit setiap 60 menit aktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi. Jika otak kita harus berkonsentrasi secara konsisten selama berjam-jam pada suatu waktu tanpa jeda, daya konsentrasi dan fokus kita justru bisa menurun secara drastis. Oleh karena itu, jangan memforsir kerja otak.
Beristirahatlah setidaknya 3 sampai 5 menit setiap bekerja, untuk menjaga vitalitas otak kita. Bisa dengan berjalan-jalan keluar sebentar, makan camilan, atau sekedar berhenti dari hal yang kita lakukan dan mendenganrkan musik. Jika kita perlu bekerja atau belajar dalam durasi yang lama, jangan ragu untuk mengambil waktu istirahat yang cukup lama untuk tidur.

10. Sediakan waktu khusus untuk melamun
     Salah satu hal yang paling rawan dalam membuyarkan konsentrasi adalah kebiasaan untuk melamun.  Lamunan bisa dengan mudah menghancurkan konsentrasi dan mood untuk bekerja yang sudah kita ciptakan. Jangan salah, aktivitas ini juga cukup memakan banyak waktu, bahkan bisa juga menimbulkan rasa malas yang membuat kita menunda pekerjaan.
Dengan menyediakan waktu khusus untuk melamun, misalkan setengah jam sebelum tidur; otak kita akan mendapat waktu khusus untuk beristirahat. Akibatnya, saat harus fokus, kemungkinan untuk terbawa dalam lamunan akan menjadi lebih kecil.

0 komentar:

Post a Comment