Wednesday, 27 April 2016

4 Tipe Karakter Manusia Menurut Keirsey


Kira-kira apa yang bisa menyebabkan kita suka minder atau kurang PD?
                Berikut ini sebab-sebabnya supaya kita bisa terhindar dari kekurangan rasa percaya diri.
- Kita suka mengembangkan sikap dan pendapat negative tentang diri kita. Janganlah memmandang rendah diri kita.kalau merasa malu dengan fisik kita, yakinkan di hati kalau semua itu adalah anugerah tuhan yang pasti ada manfaatnya.
- Kita jadi penakut karena terbiasa sejak kecil untuk tidak melakukan kesalahan. Takut salah bisa membuat kita tidak maju, karena kita tidak bisa mencoba sesuatu yang baru. Kesalahan bukan akhir hidup kita. Kesalahan sebenarnya hanya merupakan langkah menuju keberhasilan. Para ilmuwan atau pembuat lagu saja melakukan kesalahan sebelum akhirnya berhasil menemukan karya yang hebat.
- Kita berada di lingkungan yang mayoritas tidak punya rasa PD tinggi. Sedikit banyak kita sangat dipengaruhi oleh lingkungan dimana kita berada. Kalau orang-orang semua disekitar tidak ada yang berani, biasanya kita juga jadi tidak berani. Sebaliknya, kalau ada yang memiliki PD besar, otomatis keberanian kita juga ikut terangkat.
- Kita sering terpengaruh dengan pendapat orang lain dan malangnya tidak semua pendapat itu benar. Pendapat atau masukkan dari luar boleh saja kita tamping.Tugas kita adalah mengolahnya, sekaligus untuk evaluasi diri. Seandainya pendapat itu justru membuat kita menjadi mundur atau ragu-ragu, boleh ditolak.


                Salah satu cara untuk menghindarkan hal-hal tersebut, kita harus mengenal seperti apakah karakter kita? Menurut Keirsey, secara umum di dunia ini ada empat tipe karakter manusia. Nah, kita bisa mengenal diri kita dengan mengenal tipe umum manusia yang ada di dunia ini. Kira-kira yang manakah tipe kita?
1. Guardian
                Manusia tipe guardian adalah seorang teman yang baik. Ia juga jenis orang yang selalu mencari dan memberikan rasa aman. Mereka sering mengikuti organisasi yang sifatnya melindungi baik secara materil maupun imateril. Mereka mampu mengendalikan diri dengan baik. Mereka cocok dengan jenis pekerjaan yang berhubungan dengan kemanusiaan. Guardian juga jenis orang yang pesimis memandang masa depan dan seringkali terpengaruh dengan masa lalu. Menurut penelitian, guardian menempati jumlah tertinggi dari populasi dunia, sekitar 40%-45%.
2. Artisan
                Seorang artisan mampu berkomunikasi dengan baik, mereka anggun dalam bersikap dan berani mencoba. Mereka juga cenderung sensasional dan spontan. Artisan juga senang menghadiri pesta dan selalu optimis memandang masa depan. Sebagai seorang teman, mereka menyenangkan. Mereka cenderung memberi kebebasan pada anak-anaknya. Di dunia ini, 35%-40% dari jumlah populasi adalah artisan.
3. Idealis
                Orang idealis mempunyai insting untuk mempersatukan orang-orang disekitarnya. Sehingga mereka seringkali menjadi pemimpin di lingkungannya. Ia juga jenis yang sangat menjunjung tinggi etika dan moral. Ia juga orang yang sangat percaya pada intuisinya. Idealis memiliki cita-cita besar dan percaya, bahwa ia mampu meraihnya. Ia juga pandai berdiplomasi. Tetapi sering kali berbicara dengan interpretasinya sendiri. Idealis sangat sedikit dari keseluruhan populasi, hanya sekitar 8%-10%.
4. Rasional
                Orang rasional adalah orang yang selalu membutuhkan ilmu pengetahuan. Mereka lebih senang membicarakan masa sekarang daripada masa depan atau masa lalu. Mereka juga jenis orang berkemauan kuat. Oraang rasional sangat ahli dalam hal analisis strategi, hingga ia cocok untuk memimpin, merencanakan dan mengatur sebuah aksi. Mereka juga jenis orang yang mampu memahami pikiran pasangan. Jumlah orang rasional adalah yang paling sedikit dibandingkan karakter lain, hanya sekitar 5%-7% dalam populasi.

0 komentar:

Post a Comment