Wednesday, 13 April 2016

13 Tips Menghemat Waktu




                Memang tidak mudah untuk memulai langkah pertama dalam apapun, tetapi itulah yang menjadi ukuran seberapa besar kesiapan kita dalam membangun masa depan yang lebih baik. Kali ini saya akan share tentang Time Management, yang mana waktu sangat vital bagi kehidupan kita seperti pepatah mengatakan “Waktu yang hilang tidak akan ditemukan kembali”. Berikut adalah tips menghemat waktu yang ampuh dan terbukti:
1.       Rancang aktivitas harian kita pada setiap pagi dengan mencatat hal-hal yang akan dikerjakan, dan tandai dengan coretan kalau sudah dikerjakan. Cara-nya sediakan kertas selembar catat apa rencana yang akan kita lakukan.
2.       Jangan mengunjungi teman tanpa menelepon-nya terlebih dahulu. Kenapa? Karena jika kamu menelepon-nya terlebih dahulu kamu akan tahu what to do.
3.       Hampir sama dengan no. 1 hanya saja, kita menyediakan kertas kosong dengan pensil/pena. Sehingga, dimana kita punya ide apa saja, kita bias langsung mencatat-nya agar tidak lupa lagi.
4.       Rancang waktu istirahat dan coba menyesuaikannya dengan waktu ibadah.
5.       Manfaatkan waktu terluang dengan membaca, menghafal, atau melakukan sesuatu yang konstruktif (membangun).
6.       Jika mempunyai janji, pastikan kedua pihak mengerti waktunya yang jelas.
7.       Aturlah waktu perjalanan kita sesuai dengan jarak yang akan ditempuh, jatahkan untuk biaya yang tidak terduga agar kita tiba ke tempat tujuan pada waktu yang direncanakan.
8.       Siapkan semua benda yang diperlukan sebelum melakukan suatu pekerjaan, apakah itu memasak, menulis artikel, atau mempersiapkan presentasi.
9.       Jauhi orang yang berpikiran dangkal dan tamak untuk mencuri waktu kita yang sangat berharga.
10.   Jangan melakukan perjalanan sendiri jika kita dapat menyelesaikannya dengan mengirimkan surat atau menelepon.
11.   Isi tangki kendaraan kita ketika melalui pompa bensin. Jangan sekali-kali membiarkan kendaraan kita kehabisan bensin di perjalanan karena hal ini terlalu bodoh.
12.   Sediakan uang kecil untuk parker atau telepon.
13.   Jika anda membawa pesan dari seseorang atau berbelanja, tuliskan semua barang, dan rencanakanlah perjalanan kita dengan baik supaya tidak menempuh jalan yang berjarak dua kali lipat, tetapi tempuhlah jarak yang tersingkat.
Ada juga cara lainnya untuk menghemat waktu yang dapat kita tulis. Cobalah ikuti petunjuk diatas. Kita bukan berarti harus menghindari beristirahat dan rekreasi. Yang kita harus hindari adalah membuang waktu. Rekreasi itu sendiri berarti menciptakan kembali. Masalah terbesar dalam kehidupan modern ialah kehidupan kita yang tergesa-gesa, kita sering membiarkan diri kita melesat terlalu jauh dari rohani sehingga terdapat keraguan apakah keduanya dapat bertemu kembali di dunia. Bayangkan bagaimana indahnya rohani kita berjalan seiring dengan jasmani.

0 komentar:

Post a Comment