Tuesday, 23 February 2016

9 Kecerdasan Teori Howard Gardner



     Hello, sahabat Netizen sejati dimanapun berada! postingan saya sekarang ingin menulis post tentang "The Theory of Multiple Intelligences" By Howard Gardner. Sebelum membahas tentang Teori tersebut, saya akan membahas sedikit profile Dr. Howard Gardner.
     Howard Gardner adalah tokoh pendidikan dan psikologi terkenal yang mencetuskan teori tentang kecerdasan majemuk atau multiple intelligences. Ia berkebangsaan Amerika yang lahir dengan nama lengkap Howard Earl Gardner pada tanggal 11 Juli 1943 di Scranton, Pennsilvania. Ia adalah co-director pada project Zero, sebuah kelompok penelitian (riset) di Havard School Graduate School of Education.
    Howard Gardner terinspirasi oleh buku Jean Piaget dalam bidang. Ia juga belajar neuropsikologi dari Norman Geschwind dan belajar psikolinguistik dari Roger Brown. Selama menyelesaikan gelar kesarjanaanya, Howard Gardner bekerja dengan ahli psikolinguistik ternama yaitu Erik erikson.
     Pada tahun 1965 Howard Gardner mendapat gelar sarjana muda di bidang perhubungan sosial dari Universitas Harvard dengan predikat summa cumlaude. Menjelang lulus sarjana, tesisnya berjudul the Retirement Community in America. Pada tahun 1965-1966, ia mempelajari filsafat dan sosiologi di London School of Economic. Dia memperoleh gelar PhD dalam bidang sosial dan psikologi perkembangan dari Havard University pada tahun 1971, oleh karena tesisnya yang berjudul The Development of Sensitivity to Figural and Stylistic Aspect of Painting.
     Howard Gardner memulai mengajar di Havard School of Education pada tahun 1986, sementara ia bepergian melakukan penelitiannya di cina, sepanjang tahun 1980 seluruh karirnya dihabiskan di Cambridge Massachusetts. Sejak tahun 1995, pekerjaannya difokuskan di Good Work Project yang terkenal sebagai Good Project. (Sumber: Wikipedia).


     Itulah profile yang saya sedikit copas dari Wikipedia dan sekarang mari ke point pembahasannya. Jadi, pada tahun 1983 Howard Gardner dalam bukunya tentang "Theory of Intelligences" mengusulkan 9 macam kecerdasan yang pasti dimiliki oleh setiap manusia, yaitu:
1. Kecerdasan Linguistik
2. Kecerdasan Logik Matematik
3. Kecerdasan Visual Spasial
4. Kecerdasan Musikal
5. Kecerdasan Kinestetik
6. Kecerdasan Interpersonal
7. Kecerdasan Intrapersonal
8. Kecerdasan Naturalis
9. Kecerdasan Eksistensialis

     Mengacu pada point-point kecerdasan diatas, jika kalian ingin Mengetahui/Tes Kecerdasan kalian, klik saya Ebook gratis Pdf dibawah untuk mendownload Ebooknya.



Sampai jumpa di next post see you next post Haha :-D

0 komentar:

Post a Comment